Rabu, 06 April 2011

Apa hasil penting Kyoto Protocol 1997?

Pada pertemuan tingkat dunia ketiga (UNFCCC = United Nation Framework Convention on Climate Change) di Kyoto-Jepang pada Desember 1997, menetapkan 3 mekanisme penting dalam upaya menekan jumlah gas rumah kaca, yaitu :
  1. Perdagangan emisi (Emission Trading), yaitu aktivitas transaksi antara pihak yang berhasil menekan emisi karbon dengan pihak lain yang tak bisa memenuhi kewajiban serupa. Mekanisme ini hanya bisa diterapkan antar negara industri maju (negara kelompok Annex I penandatangan Kyoto Protocol)
  2. Kerja-sama antar pihak (Joint Implementation), yaitu kerja-sama antar pihak yang tak bisa mereduksi emisi karbonnya dengan pihak lain yang lain yang bisa mereduksi emisi karbonnya dalam bentuk proyek industri penekanan emisi karbonnya. Mekanisme inipun hanya bisa diterapkan antar negara industri maju (negara kelompok Annex I penandatangan Kyoto Protocol) 
  3. Mekanisme Pembangunan Bersih (Clean Development Mechanism), yaitu kerja-sama antara negara berkembang (yang tak dibebani kewajiban pengurangan emisi karbon) dengan negara industri maju (negara kelompok Annex I penandatangan Kyoto Protocol) yang dibebani kewajiban pengurangan emisi karbon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar